Free Chocolates Cursors at www.totallyfreecursors.com
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

LAILATUL QODAR

A.Penamaan lailatul qodar
            Para ulama berbeda pendapat dalam mengartikan malam lailatul qodar, pendapat-pendapat tersebut diungkapkan oleh Al Hafidz Imam Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah dalam kitab Fathul barinya sebagai berikut:
1.Maksud malam lailatul qodar adalah At-Ta'dzim atau pengagungan, hal tersebut sebagaimana firman Allah Swt:
وما قدروا الله حق قدره
Artinya:"Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya" (Qs.Az Zumar:67)
dengan demikian malam lailatul qodar adalah malam yang diagungkan karena Al Qur'an diturunkan pada malam tersebut atau kejadian turunnya para malaikat pada malam itu, bisa juga diartikan karena turunnya berkah dan rahmat serta pengampunan pada malam tersebut begitu juga dapat diartikan bahwa orang yang menghidupkan (dengan beribadah) pada malam itu akan menjadi orang yang memiliki keagungan.
2.Dikatakan juga bahwa maksud dari malam lailatul qodar adalah At Tadyiiq atau penyempitan, hal ini sebagaimana firman Allah Swt:
ومن قدر عليه رزقه
Artinya:"Dan orang yang disempitkan rizkinya" (Qs. At Thalaq:7)
Dengan demikian arti Al Qodar dalam ayat tersebut adalah penyempitan akan tersembunyinya pengetahuan tentang ketentuan berapa banyaknya rizki, bisa juga diartikan karena bumi pada malam itu di sempitkan oleh penuhnya malaikat.
3.Arti lain dari al qodar adalah al Qodar yang bersanding dengan al qodho, dengan demikian arti al qodar disini adalah bahwasannya Allah Swt menetapkan hukum-hukum qodar (segala sesuatu) pada malam ini sepanjang tahun tersebut, hal ini sebagaimana firman Allah swt:
فيها يفرق كل أمر حكيم
Artinya:"Pada malam itu dijalaskan segala urusan yang penuh hikmah". (Qs.Ad Dukhan:4)
pendapat yang satu ini diambil oleh Imam An Nawawi (dalam kitab Al minhajnya) dimana beliau berkata:"para ulama berkata; dinamakan lailatul qodar karena para malaikat pada malam tersebut menuliskan berbagai macam qodar.(Fathul bari, Ibnu Hajar Al Asqolani, juz 5)
 
B.Keutamaan lailatul qodar
Banyak sekali keutamaan lailatil qodar hal ini sebagaimana disebutkan dalam Al Qur'an surat Al-Qodar bahwa malam tersebut memiliki keutamaan-keutamaan sebagai berikut:
1.Diturunkannya Al Quran.
Sebagaimana disebutkan dalam surat al-Baqoroh ayat 185 bahwa diturunkannya Al Qur'an pada manusia memiliki fungsi sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk-petunjuk tersebut juga sebagai pembeda antara yang hak dan yang batil.
2.Malam lailatul qodar lebih baik dari seribu bulan.
Imam Sufyan At Tsauri berkata: Sampai kepadaku kabar dari Mujahid bahwa lailatul qodar lebih baik dari seribu bulan dan ia berkata: beramal, saum dan sholat pada malam itu lebih baik dari seribu bulan.
3.Para Malaikat turun kedunia
Pada malam tersebut para Malaikat turun ke dunia dan diantara mereka adalah Malaikat Jibril Alaihissalam untuk melaksanakan perintah Allah Swt dan mengatur segala urusan termasuk didalamnya penulisan Qodar manusia.
4.Turunnya keselamatan yaitu syaithan tidak bisa melakukan kejahatan serta menyakiti (manusia) pada malam tersebut. Selain itu disebutkan oleh Qotadah dan Ibnu Zaid: malam itu dipenuhi dengan kebaikan dan tidak ada kejelekan sampai terbitnya matahari.
D.Kapan adanya lailatul qodar
Secara umum terjadinya lailatul qodar tidak dapat diperkirakan secara pasti karena merupakan salah satu rahasia Allah Swt dan seandainya dapat dipastikan tanggal dan malam terjadinya maka dapat dipastikan manusia akan mengkhususkan beribadah pada malam tersebut serta akan menghilangkan hikmah kesungguh-sungguhan untuk mendapatkannya diselain malam itu, walau demikian para ulama telah berijtihad untuk menentukannya berdasarkan argument atau dalil yang bersangkutan dengannya dan pendapat-pendapat mereka itu dapat dilihat dalam kitab Fathul Bari karya Al Hafdz Imam Ibnu hajar Al Asqolani rahimahullah atau referensi-referensi yang lainnya dimana beliau menyebutkan bahwa ada sekitar empat puluh pendapat yang berhubungan dengan kapan terjadinya lailatul qodar namun dari keempat puluh pendapat tersebut hanya akan disebutkan beberapa pendapat saja diantaranya adalah:
1.Malam lailatul qodar telah dihapus keberadaannya pendapat tersebut diriwayat dari orang-orang syi'ah dengan demikian dalam keyakinan mereka bahwa malam lailatul qodar sudah tidak ada.
2.Lailatul qodar terjadi disemua tahun pendapat ini diungkapkan oleh Qodhi Khon dan Abu Bakr Ar Roji Pendapat diatas tidak ditentukan kapan terjadinya lailatul qodar, bisa dibulan ramadhan dan bisa juga diluar bulan itu.
3.Lailatul qodar terjadi dibulan ramadhan dan mungkin terjadi pada malam-malam bulan tersebut, pendapat ini di ungkapkan oleh Ibnu Umar.
4.Lailatul qodar terjadi dimalam pertama bulan ramadhan, pendapat ini diungkapkan oleh Ibnu Rojin Al Uqaili
5.Lailatul qodar terjadi dipertengahan bulan ramadhan, pendapat ini di ungkapkan oleh Sirojuddin Ibnu Mulqin.
6.Lailatul qodar terjadi pada tanggal tujuh belas ramadhan atas dasar atsyar dari Zaid bin Ar Qom yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan At Thobroni. begitu juga atsyar yang diriwayatkan Abu Daud dari Ibnu Mas'ud. Imam Ibnu Katsyir dalam kitab tafsirnya mengatakan bahwa pendapat diatas diungkapkan oleh Imam As Sya'fi'I dan Imam Al Hasan Al Bashari petunjuknya adalah karena malam itu malam terjadinya perang Badar. malam itu adalah malam jum'at tanggal tujuh belas ramadhan dimana pada pagi hari malam tersebut terjadi perang Badar dan Allah Swt berfirman tentangnya yaumal furqon atau hari yang membedaan antara yang hak dan yang batil.
7.Lailatul qodar terjadi pada malam tanggal dua puluh satu ramadhan, pendapat inipun masih merupakan salah satu pendapat Imam As safi'I.
8.Lailatul qodar terjadi pada malam tanggal dua puluh tujuh ramadhan, pendapat ini diungkapkan oleh Imam Ahmad dan salah satu pendapat Imam Abu Hanifah.
9.Lailatul qodar terjadi diantara sepuluh malam terakhir bulan ramadhan, pendapat ini diungkapkan oleh Imam Malik, Sufyan At Tsauri,Ahmad dan Ishaq, bahkan Imam Malik berkata:"secara keseluruhan bahwa disemua malam sepuluh hari terakhir (bulan ramadhan) dapat dipinta untuk mendapatkan lailatul qodar, bahkan tidak diutamakan satu malam ke malam yang lainnya dan disunnahkan".                
E.Hal-hal yang dilakukan ketika malam lailkatul qodar
Banyak sekali hal-hal yang dapat dilakukan ketika malam lailatul qodar diantaranya adalah:
1.Qiyamul lail atau melakukan sholat malam
Dalam hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah Rasulullah Saw bersabda:
من قام ليلة القدر إيمانا واحتسابا, غفر له ما تقدم من ذنبه
Artinya:"Barang siapa yang melakukan sholat dimalam lailatul qodar karena beriman dan mengharapkan keridhoan Allah Swt, maka diampuni baginya dosa-dosa yang telah lalu".(HR.Buhari-Muslim)
2.Memperbanyak do'a
Dalam hadits yang diriwayatkan Aisyah radiyallauanha beliau bertanya pada Rasulullah Saw:
يا رسول الله أرأيت إن علمت ليلة القدر, أقول فيها؟ قال:قولي: اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني.
Artinya:"Wahai Rasulullah apa pendapatmu bilamana aku menegtahui lailatul qodar? Beliau menjawab: Katakanlah olehmu: Ya Allah sesungguhnya engkau maha pengampun dan mencintai pengampunan maka ampunilah aku".(HR.Ahmad, Ibnu Majah, At Tirmidzi)
3.Melakukan amal sholeh
Sebagaimana diketahui bahwa lailatul qodar merupakan malam yang lebih baik dari pada seribu tahun, maka semestinya pada malam tersebut digunakan untuk melaksanakan berbagai ibadah selain ibadah yang disebutkan diatas tadi diantaranya membaca Al qur'an, bershodaqoh,berbuat baik pada orang tua dan lain sebagainya yang mencakup nama amal sholeh dalam rangka mendekatkan diri pada dzat Allah Swt.    
F.Sehagian tanda-tanda malam lailatul qodar
Sebagaimana disebutkan diatas bahwa lailatul qodar tidak diperkirakan secara pasti, namun Allah Swt memberikan tanda-tanda terjadinya malam yang penuh berkah tersebut dan keberadaannyapun hanya dapat diketahui oleh orang-orang yang dipilih Allah Swt diantara tanda-tanda tersebut adalah:
1.Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa salah satu dari tanda lailatul qodar adalah: Suasana malam tersebut begitu bersih dan terang bagaikan rembulan yang memancarkan sinarnya, sejuk dan sunyi, (cuacapun) bersahaja tidak dingin dan tidak panas serta pagi harinya matahari terbit (--) dengan tidak memancarkan cahaya akan tetapi bagaikan bulan purnama. Tanda-tanda diatas didukung oleh hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas radiyallahuanhu bahwasannya Rasulullah Saw berkata:
ليلة سمحة طلقة لا حارة ولا باردة وتصبح شمس صبيحتها ضعيفة حمراء.
Artinya:"(Lailatul qodar) adalah malam yang sejuk dan cerah tidak panas dan tidak dingin serta pagi harinya matahari terbit berwarna kemerah-merahan (tidak memancarkan cahaya yang kuat) ". (HR. AT Thoyalisi)
2.Dalam hadits riwayat Abu Said Al Hudriyyi
اعتكفنا مع النبي صلى الله عليه وسلم العشر الأوسط من رمضان فخرج صبيحة عشرين فخطبنا وقال :إني أريت ليلة القدر ثم أنسيها –أو نسيتها- فالتمسوها في العشر الأواخر في الوتر, وإني رأيت أني أسجد في ماء وطين فمن كان اعتكف معي فليرجع, فرجعنا, وما نرى في السماء قزعة, فجاءت سحابة فمطرت حتى سال سقف المسجد – وكان من جريد النخل- وأقيمت الصلاة, فرأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يسجد في الماء والطين و حتى رأيت أثر الطين في جبهته.
Artinya:" Bahwasannya kami beri"tikaf bersama Rasulullah Saw dipertengan sepuluh hari bulan ramadhan kemudian beliau keluar dipagi hari tanggal dua puluh satu kemudian menceramahi kami dan berkata: Aku bermimpi melihat lailatul qodar kemudian aku melupakannya- dilupakan- maka dapatkanlah disepuluh hari terakhir (ramadhan) dimalam-malam witir, dan aku bermimpi bahwa aku sujud diair dan tanah, maka barangsiapa yang beri'tikaf bersama kami maka kembalilah, kemudian kami kembali dan kami melihat langit berawan kemudian mendung setelah itu turun hujan sehingga atap masjid bercucuran dengan air-dimana waktu itu atap masjid terbuat dari pohon kurma- kemudian didirikan sholat kemudian aku melihat Rasulullah Saw bersujud diatas air dan tanah sehingga aku melihat bekas tanah meniempel di jidatnya.(HR.Bukhari)   

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Text Select - Hello Kitty